6 Cara Mengolah Ikan Patin yang Mudah dan Nikmat

Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan tawar yang sering dimasak karena rasanya enak dengan daging yang lembut. Apalagi di Indonesia banyak sekali masakan olahan ikan patin yang enak. Olahannya mulai dari digoreng, dibakar, hingga dimasak berkuah. Meski masakan ikan patin ini enak, tetapi ternyata tidak semua orang menyukainya, soalnya ikan patin ini memiliki rasa amis dan juga bau lumpur yang kurang enak.

Terkadang bau lumpur ini bahkan tidak bisa hilang meski sudah dimasak. Sayang sekali, kan sudah beli ikan patin ini tapi saat dimasak rasanya tidak maksimal.

Makanya, Kamu harus tahu cara mengolah ikan patin supaya tidak amis, sehingga rasanya enak maksimal. Mulai dari cara memilih ikan patin, menghilangkan bau amis dan bau lumpur, hingga cara memasaknya, lengkap banget, deh.

Yuk, belajar cara mengolah ikan patin supaya tidak amis berikut ini.

1. Cara memilih ikan patin 

Kelezatan masakan ikan patin ini juga terpengaruh dari ikan patin yang kita pilih. Ikan patin yang kualitasnya bagus ini dijamin meminimalisir bau amis.

Untuk memilih ikan patin yang segar, ada beberapa bagian ikan patin yang harus diperhatikan. Pertama, lihat dulu dari sisik ikan patinnya.

Pastikan sisik ikannya masih melekat kuat di tubuh ikan dan warnanya mengkilat, jangan sampai ada yang copot dan warnanya sudah gelap. Kalau sudah gelap dan banyak sisiknya yang copot, tandanya ikan patin ini sudah lama alias sudah tidak segar lagi.

Lihat juga bagian matanya, wajib pilih yang masih bulat dan jernih. Saat ditekan bagian kulitnya, pilih ikan patin yang masih elastis dan liat. Terakhir, perhatikan aromanya, apakah masih bau segar atau sudah busuk juga berlendir.

2. Cara menghilangkan bau lumpur di ikan patin

Sama seperti ikan air tawar pada umumnya, ikan patin ini memiliki bau lumpur karena hidup di perairan tawar. Tenang, ada khusus untuk menghilangkan bau lumpur pada ikan patin yang sangat mengganggu ini.

Sebaiknya beli ikan patin yang masih hidup ya agar masih bisa kita hilangkan bau lumpurnya. Jadi setelah membeli ikan patin yang masih hidup, kita pindahkan ikan patinnya ke air baru lalu biarkan ikannya selama setidaknya dua jam.

Proses perendaman ini membantu ikan patin ini menghilangkan bau lumpur dari habitatnya. Kalau membeli ikan patin langsung diolah, pasti 80 persen ikan patin yang diolah akan meninggalkan bau lumpur yang tidak enak.

3. Cara membersihkan ikan patin

Setelah dua jam lamanya direndam, selanjutnya bersihkan ikan patin seperti biasa. Membersihkan ikan patin sama seperti ikan lainnya, kok.

Kita buang dulu sisik ikannya dengan menggunakan punggung pisau hingga benar-benar bersih. Setelah itu singkirkan insang dan isi perutnya. Baru setelah dibersihkan, kita cuci ikan patin di bawah air mengalir supaya semua kotorannya hilang.

4. Cara memarinasi ikan patin

Meskipun merupakan ikan dari perairan tawar, ikan patin juga harus dimarinasi supaya ada rasanya dan bau amisnya hilang. Setelah dibersihkan, potong-potong ikan patin sesuai masakan yang hendak kita masak. Barulah kita kucuri dengan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon.

Air jeruk ini berfungsi untuk menghilangkan bau lumpur, bau amis juga membuat ikan patin terasa lebih kenyal. Usai dikucuri air jeruk jangan lupa taburi garam juga untuk memberi rasa pada ikan patin. Marinasi setidaknya 15 menit, ikan patin siap dimasak.

5. Menggoreng dulu sebelum dimasak

Ikan patin memiliki tekstur yang lembut tapi mudah pecah atau hancur saat dimasak dalam waktu lama. Ada baiknya kita goreng dulu ikan patinnya. Dengan menggoreng ikan patin terlebih dahulu, kemungkinan dagingnya hancur saat dimasak lama akan menjadi lebih kecil.

Apakah daging patinnya akan keras karena dimasak dua kali? Tenang, meski digoreng dulu dan dimasak lagi, dagingnya hanya jadi kokoh saja tidak mudah hancur.

6. Masak dengan rempah dan bumbu yang banyak

Langkah terakhir mengolah ikan patin supaya tidak amis dan berbau lumpur adalah memasaknya dengan rempah dan bumbu yang banyak.

Misalnya, kita mau memasak ikan patin menjadi pindang, maka perbanyak penggunaan tomat atau belimbing sayurnya supaya kuahnya jadi lebih segar.

Tambahkan juga rempah seperti serai, daun salam dan daun jeruk yang banyak supaya menutupi bau amisnya. Jika dimasak dengan bumbu yang lain, boleh banget rempah seperti jahe atau lengkuasnya juga digunakan.

Rempah dan bumbu yang banyak digunakan akan menutupi bau amis dan lumpur pada masakan ikan patin yang kita buat. Itulah cara mengolah ikan patin supaya tidak bau amis dan bau lumpur. 

Untuk mendapatkan ikan dengan kualitas terbaik, selalu pastikan Kamu membelinya di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan aneka jenis ikan juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas,  kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Jadi, selamat mencoba ya!