Apa itu KPR? Pahami Keunggulan dan Syarat Pengajuannya

Rumah merupakan kebutuhan primer yang wajib dimiliki setiap orang. Membeli rumah membutuhkan biaya dalam jumlah besar. Oleh sebab itu, sebagian kalangan memutuskan untuk membeli sebuah rumah secara kredit. Program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang disediakan oleh lembaga perbankan maupun non bank dimanfaatkan sebagian kalangan untuk memenuhi kebutuhan akan sebuah rumah.

Agar lebih paham mengenai apa itu KPR serta keunggulan dan langkah pengajuannya, berikut akan disajikan penjelasan mengenai hal-hal tersebut.

Apa itu KPR?

KPR merupakan singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah, yaitu produk pembiayaan pembelian rumah dengan skema kredit atau mencicil. Program KPR sangat membantu bagi sebagian kalangan yang merasa berat untuk membeli rumah secara tunai.

Rumah tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal. Rumah merupakan aset yang semakin lama harganya semakin melonjak naik. Risiko merugi saat mempunyai sebuah rumah sebagai aset tergolong minim. Oleh sebab itu, keputusan untuk membeli rumah sangat disarankan daripada hanya mengontrak.

Keunggulan KPR

Saat memutuskan untuk mengajukan KPR, Anda harus paham betul sebagai nasabah harus mempunyai komitmen dan tanggung jawab dalam hal pembayaran. Anda harus siap untuk membayar cicilan pembayaran KPR setiap bulannya. Anda juga harus siap dengan biaya-biaya tambahan yang akan dikenakan untuk pemohon KPR.

Program KPR mempunyai beberapa keunggulan yang menguntungkan bagi Anda yang membeli rumah secara kredit, berikut ulasannya:

1. Tidak perlu waktu lama untuk mempunyai rumah

Anda pasti paham bahwa dana yang harus dikeluarkan untuk membangun rumah sangat besar. Sedangkan untuk pengajuan KPR, Anda tidak membutuhkan dana yang besar. Anda hanya perlu mempersiapkan dana untuk membayar uang muka atau down payment (DP) dan beberapa biaya tambahan lainnya.

Biaya tambahan lainnya tersebut biasanya digunakan untuk membayar biaya administrasi pengajuan pada pihak bank serta mengurus dokumen-dokumen penting seperti akta jual beli.

Dengan dana yang tidak terlalu besar, Anda bisa memiliki sebuah rumah. Anda tidak perlu waktu yang lama untuk mengumpulkan uang agar bisa mempunyai sebuah rumah.

2. Lebih terlindungi dengan asuransi

Cicilan yang Anda bayarkan setiap bulan sudah mencakup biaya kredit dan asuransi. Dengan asuransi, Anda mendapatkan perlindungan terhadap segala sesuatu yang menimpa rumah, seperti kebakaran, kerusakan akibat bencana alam, dan lain sebagainya. Asuransi tersebut berlaku selama Anda masih dalam proses mengangsur rumah.

3. Mempunyai legalitas yang kuat

Lembaga perbankan yang menawarkan KPR pasti mempunyai jaminan legalitas yang kuat karena sudah tercatat secara resmi. Sedangkan untuk lembaga non bank, sebaiknya Anda mencari dan bekerja sama dengan lembaga yang mempunyai reputasi baik. Rekam jejak yang baik akan menentukan bahwa lembaga tersebut layak untuk diajak kerja sama.

Syarat Mengajukan KPR

Program KPR tidak hanya ditujukan untuk perorangan saja. Pihak wiraswasta maupun pemilik badan usaha dapat pula mengajukan program KPR untuk kepemilikan properti seperti ruko.

1. Syarat Mengajukan KPR untuk Perorangan

Saat Anda ingin mengajukan KPR, Anda perlu mengumpulkan beberapa dokumen untuk membuktikan identitas diri. Selain itu, Anda harus membuktikan kemampuan finansial untuk mendukung pengajuan KPR kepada lembaga penyedia KPR.

Secara umum, berikut beberapa dokumen persyaratan yang harus Anda siapkan untuk mengajukan KPR:

  • Fotokopi identitas diri bisa berupa KTP maupun paspor dari pemohon. Sebagai informasi, KPR diperuntukan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertempat tinggal di wilayah Indonesia.
  • Fotokopi identitas diri berupa KTP suami atau istri bagi pemohon yang berstatus menikah. Bagi pasangan menikah juga harus menunjukkan surat nikah yang sah.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Fotokopi NPWP milik sendiri.
  • Fotokopi rekening koran.
  • Slip gaji asli atau bisa diganti dengan surat keterangan penghasilan dari perusahaan tempat bekerja, minimal 1 bulan terakhir.
  • Surat rekomendasi perusahaan.

2. Syarat Mengajukan KPR untuk Pemilik Badan Usaha maupun Wiraswasta

Tidak hanya perorangan, program KPR juga bisa dirasakan manfaatnya oleh para pemilik usaha. Para pemilik usaha tersebut biasanya menggunakan program KPR untuk membeli ruko sebagai tempat usaha.

Berbeda dengan perorangan, persyaratan yang harus dipenuhi pemilik badan usaha maupun wiraswasta tidak sesederhana perorangan. Adapun beberapa syarat yang harus dipenuhi pihak pemilik badan usaha maupun wiraswasta yaitu:

  • Fotokopi identitas diri bisa berupa KTP maupun paspor dari pemohon.
  • Fotokopi identitas diri berupa KTP suami atau istri dan surat nikah yang sah bagi pemohon yang berstatus menikah.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Fotokopi NPWP milik pribadi.
  • Fotokopi rekening koran atau bisa juga tabungan 3 bulan terakhir.
  • Fotokopi surat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dari perusahaan yang dimiliki.
  • Mengisi surat pernyataan asli mengenai kredit pemilikan properti.

Demikian penjelasan mengenai apa itu KPR serta keunggulan dan syarat untuk pengajuan ke lembaga penyedia.