Ini Dia 5 Tempat Makan Di Semarang dengan Makanan Khasnya

Di setiap kota dan lokasi tujuan wisata yang dikunjungi, pasti akan menawarkan pula kekayaan kuliner yang khas. Biasanya merupakan resep turun temurun, makanan khas ini disajikan dengan kearifan lokal yang kental. Semarang, akan jadi lokasi menarik untuk wisata kuliner. Sederet tempat makan di Semarang siap memanjakan lidah Anda.

Bukan, ini bukan soal lumpia atau wingko babat, artikel kali ini akan berfokus pada tempat makan di Semarang yang menyajikan makanan khas, yang nikmat disantap di tempat. Tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat ya!

Agar mendapatkan referensi menarik untuk agenda wisata Semarang yang Anda susun, berikut beberapa tempat makan ciamik yang bisa Anda datangi saat Anda berkunjung ke Kota Atlas ini. Check this out!

1.  Tak Kalah Lezat, Seafood Di Kampung Laut

Semarang di bagian utara, berbatasan langsung dengan laut Jawa. Tentu saja, Semarang juga memiliki makanan laut yang lezat dan disajikan dengan sempurna. Untuk menemukannya, Anda bisa mendatangi Kampung Laut di Puri Maerokoco Tawang Mas, Jalan Puri Anjasmoro Raya, Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat.

Dengan view langsung mengarah ke laut, Anda bisa menikmati makanan olahan seafood lezat mulai dari harga Rp.20.000 saja. Sangat terjangkau bukan?

Tentu saja Anda juga bisa menikmati menu-menu lain yang lebih lezat dan bisa disantap bersama rombongan atau orang terdekat. Jam operasionalnya sendiri mulai dari pukul 11.30 WIB hingga 22.00 WIB selama masa pandemi.

2.  Tempat Makan Di Semarang, Asem-Asem Koh Liem

Bisa didatangi pada alamat Jalan karang Anyar Nomor 28/C4, tempat ini sudah buka sejak pukul 07.00 WIB dan siap melayani Anda. Asem-Asem Koh Liem sendiri masuk dalam sederet daftar kuliner legendaris Semarang, yang wajib masuk wishlist Anda.

Tentu saja sesuai dengan namanya, makanan andalan di tempat makan ini adalah asem-asem. Dengan perpaduan bumbu yang pas, serta menghasilkan rasa yang sempurna, lidah Anda akan sangat dimanjakan oleh kuliner yang satu ini.

Jangan salah, untuk orang yang tak menyukai asem-asem dan turut ke sana, terdapat pula banyak menu pilihan lain seperti olahan cumi kecap dan kulit ayam yang lumer di mulut. Mulai penasaran ingin mencobanya?

3.  Soto Bangkong yang Melegenda, Sejak 1950-an

Soto Bankong khas Semarang jadi salah satu kuliner yang tak pernah dilewatkan oleh wisatawan yang datang ke sana. Soto ini memiliki kuah yang kental, tambahan berbagai topping, serta rasa yang tentu saja lezat.

Dengan ukuran mangkok yang relatif kecil, esensi utama dari soto ini sebenarnya terletak pada menu-menu tambahan. Misalnya seperti perkedel, sate usus, sate jeroan, sate telur puyuh, hingga tempe goreng kering.

Yap, karena jadi makanan andalan, tidak sedikit yang menjual soto ini di seluruh kota Semarang. Tak akan sulit untuk Anda menemukannya.

4.  Lontong Opor Mbak Tum, Hangat dan Kental

Memang tidak secara eksplisit merupakan makanan khas Semarang, tapi saat berkunjung ke Kota Atlas ini Anda wajib sekali mengunjungi kuliner yang satu ini. Rekomendasi tempat makan di Semarang ini, Lontong Opor Mbak Tum, tidak akan mengecewakan Anda.

Berada di Jalan Peterongan, tepatnya di seberang Sri Ratu, Anda akan mendapati satu tempat makan yang tak pernah sepi dikunjungi orang. Di sanalah lontong opor super lezat berada, dengan kombinasi isian yang sangat banyak.

Untuk menemukannya sebenarnya bukan perkara sulit, karena ketika Anda sudah sampai di Jalan Peterongan, hampir semua orang mengetahui tempat ini. Masih terlihat sangat sederhana, namun rasa yang disajikan dijamin membuat Anda ingin kembali ke sana.

5.  Mie Siang Kie, yang Satu Ini Tak Boleh Terlewat

Terakhir pada artikel singkat kami kali ini, ada Mie Siang Kie. Percampuran budaya yang ada di Semarang rasanya tak akan tersaji lebih sempurna daripada seporsi Mie Godog yang ada di sini. Menu andalan ini telah ada sejak lama, dan jadi favorit banyak orang.

Mie Siang Kie sendiri berada di Gang Lombok, dan sudah berdiri sejak era kolonial. Tentu saja, soal rasa Anda tak perlu ragu, sebab tanpa rasa yang benar-benar lezat tak mungkin sebuah tempat makan bisa bertahan sedemikian lama.

Menu andalannya adalah Mie Godok, atau Mie Rebus, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Perpaduan mi, potongan kecil telur dadar, serta kekian, disiram dengan kuah kaldu hangat, memberikan sensasi yang tak mungkin terlupakan.

Disajikan dengan resep rahasia, turun temurun, dan dengan modifikasi di satu dan lain sisi, membuat tempat makan di Semarang tersebut memiliki makanan dengan cita rasa tak tergantikan. Tentu saja Anda bisa berkunjung ke Semarang kapan saja, setelah kondisi pandemi ini berakhir. Untuk sementara ini, Anda bisa merencanakan liburan dengan melihat informasi dari Indonesia Travel. Di situs resmi tersebut, Anda bisa mendapatkan banyak sekali informasi berguna yang bisa jadi acuan itinerary yang Anda buat. Bersiap dengan rencana liburan terbaik, dan dapatkan pengalaman tak terlupakan saat berkunjung ke Semarang!