Temukan 5 Spot Menarik saat Berwisata di Kota Lama Semarang

Nilai bersejarah sebuah kota terlihat bagaimana kota tersebut mampu merawat bangunannya. Hal tersebut tampaknya telah dilakukan oleh pemerintahan setempat untuk membangun kembali daerah Kota Lama. Ya, di Kota Lama Semarang, Anda bisa menemukan kemegahan dan bentuk bangunan yang masih orisinal sisa-sisa kolonial.

Ketika Anda menelusuri Kota Lama Semarang, tak ubahnya seperti menjelajah Kota Tua Jakarta. Berbagai macam bentuk bangunan disertai dengan interior yang masih orisinal membawa wisatawan seperti kembali ke masa lampau. Tentu saja, hal ini seperti menguak memori, mengasah kenangan lagi tentang peristiwa yang lalu.

Dari peristiwa tersebut, wisatawan ingin merekam suasana tersebut tidak hanya melalui mata telanjang melainkan juga melalui layar gawai. Wisatawan biasanya ingin mengabadikan di kamera agar nantinya mereka punya semacam perpustakaan visual.

Lalu, titik-titik mana saja yang layak bisa Anda kunjungi juga untuk berswafoto. Daftar di bawah ini bisa membantu Anda agar berkeliling Kota Lama Semarang menjadi sempurna.

1. Taman Srigunting

Ini adalah titik mula bagi wisatawan untuk berkeliling Kota Lama Semarang. Ada banyak peninggalan bersejarah di sini yang di antaranya adalah jembatan zaman kolonial.

Sebelum menjadi titik untuk berfoto, jembatan tersebut menjadi akses keluar pergi ke benteng dan jalur perdagangan pada masanya. Di sini pula, selain berfoto, Anda bisa bersantai karena tempat ini telah direnovasi menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

2. Gereja Blenduk

Jika ingin mengetahui mana gereja tertua di Jawa Tengah, datanglah ke Gereja Blenduk yang terletak di Kota Lama Semarang. Gereja ini dibangun pada tahun 1753 maka sudah lebih dari 2,5 abad gereja tersebut berdiri kokoh hingga saat ini.

Selain karena ornamen dan arsitektur bergaya Eropa, gereja ini juga dikunjungi karena masih aktif sebagai tempat peribadatan orang Katolik. Simbol sejarah dan agam yang sungguh menakjubkan.

3. Museum 3D Trick Art

Salah satu titik menarik di Kota Lama Semarang adalah Museum 3D Trick Art. Letaknya cukup dekat dengan Gereja Blenduk, hanya 50 meter. Di museum ini Anda bisa berswafoto bersama lebih dari 100 tokoh baik nasional maupun internasional. Selain itu, ada banyak bangunan khas Semarang dalam foto yang bisa Anda nikmati.

Anda bisa mengunjungi Museum 3D Trick Art dengan membayar biaya masuk sebesar Rp40.000 per orang. Buka dari pukul 10.00 hingga 22.00.

4. Semarang Contemporary Art Gallery

Jika Anda ingin menikmati sejumlah karya lukisan dari seniman dalam negeri maupun luar negeri, cobalah berkumjung ke Semarang Contemporary Art Gallery. Ini adalah galeri yang terletak di belakang Taman Srigunting.

Ketika Anda mengunjunginya, Anda akan takjub dengan megahnya arsitektur bangunan ini. Selain karena tinggi dan besar, gaya bangunan yang cenderung Eropa menjadi alasan mengapa arsitekturnya terlihat luar biasa.

Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Biaya yang sangat murah namun tak disangka Anda akan mendapatkan banyak karya seni di Semarang Contemporary Art Gallery.

5. Pasar Klitikan

Kota Lama Semarang memang identik dengan peninggalan zaman Belanda. Akan tetapi, jangan salah Anda pun bisa melihat banyak koleksi barang Indonesia pada zaman lampau. Nah, untuk melihat sekaligus mendapatkannya, Anda bisa bergegas ke Pasar Klitikan.

Di sana, ada banyak kalung, gelang, peralatan makan, hingga mobil antik yang terpajang. Jika Anda tidak ingin mendapatkannya, Anda pun bisa berfoto dengan latar belakang mobil antik.

Kota Lama Semarang memang banyak menyimpan sejarah dan kenangan. Pada masa lampau, daerah Kota Lama dikenal sebagai gerbang untuk perdagangan. Kini, Kota Lama dikenal sebagai tempat untuk bernostalgia. Lima titik yang ada di sini bisa menjadi rekomendasi Anda saat berkunjung ke Semarang.

Tetap jaga protokol kesehatan: pakai masker, cuci tangan dengan air, dan menjaga jarak ketika berada di sana. Telusuri di Indonesia Travel untuk mengetahui apa saja pesona alam maupun budaya di Indonesia lainnya. Kamu bisa melihat berbagai artikel menarik lain di situs resmi Indonesia Travel. Lakukan perencanaan liburanmu dan dapatkan pengalaman tak terlupakan ketika berwisata ria di Semarang!